Miya - Moonlight Archer dengan Panah Tercepat di Land of Dawn




I am the moon light that breaks the darkness.

Miya merupakan Hero dengan role Marksman dan pure/burst damage tercepat di land of dawn. Berbekal skill pasifnya menyebabkan Miya menjadi marksman dengan serangan tercepat dibandingkan marksman lainnya.

Hero paling lawas yaitu Miya yang menjadi ikon dari game Mobile Legends : Bang Bang ini sangat cepat dalam teknik menyerang karena pasif Miya meningkatkan attack speed setelah 1x menyerang.

News : Miya direvamp skill dan tampilannya dalam project terbaru Mobile Legends : Bang Bang yang dinamai Project NEXT,

Baca Juga : Layla - Malefic Gunner dengan Serangan Terjauh di Land of Dawn


Suara Hero



Cerita Miya



Miya terlahir di Template of the Moon dan belajar keras agar suatu hari dapat menjadi pengorbanan yang layak untuk Moon God.

Tetapi ketika api pertempuran ras manusia dan Orc mencapai pantai bulan dari kediaman para Moon Elf, Miya bangkit dan memimpin bangsanya melawan penjajah asing. Meskipun telah melakukan upaya terbaik mereka. Miya dan teman-teman Elf-nya akhirnya terpojokkan oleh gerombolan lawan yang tak terhitung jumlahnya untuk membuat pertahanan terakhir di Temple of the Moon.

Saat Miya berlutut di tengah-tengah Temple untuk mengucapkan doanya yang terakhir kalinya, tepat saat pasukan manusia dan Orc akan segera menghancurkan tempat suci ini, sebuah keajaiban terjadi. Moon God menjawab doa Miya dan memberkati busurnya dengan sebuah kekuatan suci dan kuat.Miya menggenggam busurnya dan melepaskan sebuah anak panah, yang diubah menjadi roh burung elang dengan kekuatan bintang, yang memecah belah pasukan lawan.

Miya memimpin bangsanya keluar dari Temple, menghujani lawannya dengan panah-panah berkekuatan bintang pada setiap tarikan busurnya. Sementara itu burung elangnya melayang di atas lawan, memisahkan mereka dan menyerang mereka. Seperti air pasang, para manusia dan Orc mulai mundur dengan cepat. Miya dan bangsanya merebut kembali pantai Moon God, dan para Moon Elf menyebut Miya serta roh burung elangnya sebagai penjelmaan dari Moon God.

Miya mudah mengetahui dalam lubuk hatinya bahwa jika masalah ini tidak dihentikan dari akarnya, perang tidak akan pernah berakhir. Dengan berkat dari Moon God, ia mulai perjalanan menuju Land of Dawn, berharap akan menemukan seorang raja yang mampu membawa kedamaian dan ketertiban di dunia ini.

Nama : Miya
Nama Spesial : Moonlight Archer
Hero Tipe : Marksman
Movement SPD : 240
Magic Power : 0
Magic Resistance :
Mana : 445
HP Regen : 30
Basic Attack Crit Rate : 0
Physical Attack : 117
Armor : 17
HP : 2524
Attack Speed : 0.85
Mana Regen : 15
Ability Crit Rate : 0













Keunggulan Hero Miya
  1. Kecepatan serangan yg hebat melebihi marksman lain.
  2. Kontrol yg sangat mudah.
  3. Damage yg cukup besar.
  4. Skill invisible yg bagus untuk menyerang atau kabur.
  5. Tentunya pemanah tercantik di land of dawn (hehe).
Kekurangan Hero Miya
  1. HP sangat tipis.
  2. Mudah ke gank di midlane.
  3. Kalah by one dengan hero jarak dekat.
  4. Kalah duel 1 vs 1 dengan MM jarak jauh (Contohnya Layla, dan Beatrix)
  5. Rapuh terhadap fighter/assassin.

SKILL


Moon Blessing (Skill Pasif)



Setiap kali Miya mengenai target dengan Basic Attack-nya, Movement Speed-nya akan meningkat sebesar 5%. Efek ini dapat di-stack hingga 5 kali dan berlangsung selama 4 detik.

Setelah mencapai Stack penuh dari Bonus Attack Speed, Miya akan memanggil Moonlight Shadow untuk membantunya pada setiap Basic Attack, memberikan 30 (+30%Total Physical ATK) Physical Damage (Damage yang diberikan dapat Critical, tetapi tidak memiliki efek Attack.)

 Penjelasan :

Inilah kenapa miya di juluki pemanah tercepat di land of dawn, dengan pasif yang bernama Moon Blessing ini miya dapat meningkatkan Movement Speed sebesar 5% dan dapat distack hingga 5 kali selama waktu 4 detik, dengan menggunakan pasif tersebut Miya dapat berjalan dengan cepat dan setelah Stack dari pasif tersebut suda penuh maka miya akan memanggil Moonlight Shadow. Itu semacam kayak bayangannya Miya yang ikut nyerang, jadi Miya nyerang musuh nih, tapi dia dibantu bayangnya. Jadi dia bisa nyerang 2 kali dalam waktu yang bersamaan, cukup memuaskan bukan? Oh ya, ada satu hal yang harus kalian tau, pasif ini merupakan hasil revamp dari pasif sebelumnya yang bernama Turbo.

Moon Arrow (Skill 1)


Miya membagi Basic Attack-nya menjadi dua panah (kedunya memiliki efek Attack), memberikan 10 (+100%Total Physical ATK) Physical Damage kepada target utama dan 30% Physical Damage kepada target sekunder. Skill berlangsung selama 4 detik.

Level 1 - 10 Damage, Mana Cost 60, lasts 4 seconds.
Level 2 - 20 Damage, Mana Cost 70, lasts 5 seconds.
Level 3 - 30 Damage, Mana Cost 80, lasts 6 seconds.
Level 4 - 40 Damage, Mana Cost 90, lasts 7 seconds.
Level 5 - 50 Damage, Mana Cost 100, lasts 8 seconds.
Level 6 - 60 Damage, Mana Cost 110, lasts 9 seconds.

Cooldown : 11.0
Mana Cost : 60

Penjelasan :

Skill pertama miya yang dapat menembakkan 2 panah sekaligus untuk mengenai musuh sekitar, setiap panah yang di tembakan akan menyebabkan +100% Total Physical ATK dari Physical Damage. Maksudnya jika miya menggunakan skill ini dan mengenai target maka nyawa target akan terkurang hingga +100% Total Physical ATK. Selain itu jika ada target lain yang kena maka 30% Physical Damage akan mengenai target tersebut dan berlangsung hingga 4 detik (Sesuai Level).

Skill 1 ini sangat cocok dikombokan dengan pasif nya yang baru, jika stack dari pasif sudah penuh dan miya menggunakan skill ini maka damage yang dihasilkan akan sangat pedih terhadap musuh yang lembek.

Arrow of Eclipse (Skill 2)



Miya memanggil kekuatan Moon Eclipse dan menembakkan Empowered Arrow ke area yang ditentukan. Setelah mendarat, Empowered Arrow memberkan 90 (+45%Total Physical ATK) Physical Damage kepada lwan di area tersebut, menyebabkan efek Immobilize kepada mereka selama 1.2 detik, dan terbagi menjadi 8 Minor Arrow yang menyebar ke sekitar. Setiap Minor Arrow memberikan 30 (+15%Total Physical ATK) Physical Damage dan menyebabkan efek Slow sebesar 30% kepada lawan selama 2 detik.

Level 1 - 30 Arrow Damage, 90 Damage, Mana Cost 80.
Level 2 - 40 Arrow Damage, 120 Damage, Mana Cost 90.
Level 3 - 50 Arrow Damage, 150 Damage, Mana Cost 100.
Level 4 - 60 Arrow Damage, 180 Damage, Mana Cost 110.
Level 5 - 70 Arrow Damage, 210 Damage, Mana Cost 120.
Level 6 - 80 Arrow Damage, 240 Damage, Mana Cost 130.

Cooldown : 8.0
Mana Cost : 80

Penjelasan :

Saat skill ini diaktifkan, Miya akan menembakkan Panah besar dari langit yang akan mengenai target, jika musuh terkena skill ini maka dia akan terkena efek Immobilize selama 1.2 detik atau tidak bisa bergerak selama 1.2 detik. Selain itu, tembakkan dari panah besar akan menciptakan panah kecil yang akan menyebar disekitar target, jika target terkena panah kecil tersebut maka  akan menyebabkan efek Slow (Pelambat) sebesar 30% selama 2 detik.

Skill ini cocok untuk menjebak lawan jika lawan berusaha untuk kabur, dengan pasif yang full, skill 1 yang aktif dan skill ultimate yang aktif maka dipastikan lawan tidak akan selamat dari gempuran panah dari Miya.

Hidden Moonlight (Skill Ultimate)



Miya menghapus seluruh Debuff, memasuki Mode Conceal, dan meningkatkan Movement Speed sebesar 35% hingga selama 2.0 detik. (Melakukan serangan akan mengakhiri Mode ini.)

Miya juga akan memperoleh Stack penuh dari Moon Blessing ketika Mode Conceal berakhir.

Level 1 - 35% Movement Speed, 2.0 Conceal Duration, Mana Cost 120, lasts 46.0 seconds.
Level 2 - 50% Movement Speed, 2.0 Conceal Duration, Mana Cost 145, lasts 36.0 seconds.
Level 3 - 65% Movement Speed, 2.0 Conceal Duration, Mana Cost 170, lasts 26.0 seconds.

Cooldown : 38.0
Mana Cost : 120


Penjelasan :

Invisible? That's Right!! Ultimate Miya adalah menghilang. Saat Miya menggunakan ultimate Hidden Moonlight maka akan menghilangkan efek Debuff seperti slow dan immobilize, selanjutnya Miya akan tidak terlihat selama 2.0 detik di map. Selain itu juga Miya mendapatkan Movement Speed sebesar 45% selama 1.5 detik (Menambah sesuai Level).

Saat selesai menghilang miya akan mendapatkan full stack dari pasifnya yang bernama Moon Blessing, ini sangat menguntungkan karena Miya tidak perlu basic attack selama 5 kali untuk mengaktifkan pasif Moon Blesssing. Cukup tinggal pencet ulti maka pasif akan menjadi full stack.


Skill Build

1. Moon Arrow.
2. Arrow of Eclipse.
3. Moon Arrow.
4. Hidden Moonlight.
5. Moon Arrow.
6. Arrow of Eclipse.
7. Moon Arrow.
8. Hidden Moonlight.
9. Moon Arrow.
10. Arrow of Eclipse.
11. Moon Arrow.
12. Hidden Moonlight.
13. Arrow of Eclipse.
14. Arrow of Eclipse.
15. Arrow of Eclipse.




Rekomendasi Spell
Gambar Keterangan
Flicker direkomendasikan sebagai spell paling wajib dipilih oleh Miya karena spell ini dapat menyelamatkan Miya dari musuh yang akan melakukan gangking terhadap Miya.
Miya belum bisa buka Flicker? Tenang saja, masih ada spell Insipire untuk attack speed yang ngebut kek sepur diawal2 pertarungan, jika musuh lebih lemah dari Miya maka hajar aja pake spell ini.
Rekomendasi Emblem
Gambar Keterangan
Marksman adalah rekomendasi terbaik emblem untuk Miya, sesuai role nya yaitu Marksman, emblem ini akan memberikan banyak physical attack, lifesteal, physical PEN dan lain-lain.
Tidak memiliki emblem Marksman? Miya juga dapat dikasih emblem assassin. Kelebihan dari emblem assassin ini dibandingan emblem marksman adalah dibaian movement speed nya, emblem assassin memiliki movement speed yang tinggi. Bisa dijadikan pilihan terbaik buat kabur dari ganking musuh karena lari-nya ngebut.



Item Build Miya


Swift Boots


Sepatu adalah barang wajib yang harus dimiliki setiap Hero, Miya sangat cocok menggunakan Swift Boots karena sepatu ini akan meningkatkan attack speed dari Hero yang memakai sepatu ini, karena Miya merupakan hero Marksman yang membutuhkan attack speed jadi ya cocok aja gitu pake sepatu ini.

Windtalker


Merupakan item attack speed yang dikasih bumbu-bumbu magic damage, item ini sangat cocok untuk core seperti Miya. Attack speed dibutuhkan hero Miya untuk menghabisi lawan dengan cepat. Item ini lebih baik dikombokan dengan item Scarlet Phantom agar critical damage semakin pedas.

Berserker's Fury


Item ini merupakan item wajib bagi Marksman yang membutuhkan Critical Chance yang besar, dengan adanya Critical Chance akan memberikan peluang Critical Attack keluar, semakin banyak Critical Chance maka semakin sering juga Critical Attack keluar. Item ini dapat meningkatkan Critical Chance sangat banyak, cocok untuk hero Miya yang membutuhkan Critical untuk membuat musuh Crott Moncrott langsung mati ketika di serang Miya..

Haas's Claws


Lifesteal? Pastinya wajib dong bagi Marksman apalagi Hero seperti Miya yang gak tahan di Ranjang medan pertempuran. Dengan item ini, Miya akan mendapatkan Lifesteal sebesar 25%, waow itu sangat banyak sekali. Item ini juga memiliki pasif unik loh, dimana pasif unik ini akan muncul apabila Hero Miya HPnya dibawah 50%, pasifnya adalah jika HP hero dibawa 50% maka akan mendapatkan tambahan Lifesteal sebanyak 10%. Wadoo itu sama halnya mendapatkan 35% Lifesteal secara keseluruhan. Itu artinya Miya dapat bertahan di Ranjang medan pertempuran dong? Jelas.

Scarlet Phantom


Ini sama halnya seperti item Windtalker, cuma bedanya Scarlet Phantom ini menambahkan Critical Chance yang lebih besar dari Windtalker. Item ini menambahkan Critica Chance yang hampir mendekati item Berserker's Fury. Bedanya item ini dengan Windtalker adalah tidak adanya magic attack didalam item Scralet Phantom ini. Miya sangat cocok menggunakan item ini untuk menambahkan Critical Chance supaya Critical Attack akan keluar terus menerus dan musuh pastinya crott moncrott modar seketika.

Blade of Despair


Item paling mahal dibagian item Attack, admin menyebutnya pedang ijo. Item ini dapat memberikan Physical Attack yang sangat sakit dan membuat hero lawan suram kehidupannya seperti kehidupan kalian. Bercanda hehe. Item ini memberikan banyak sekali Physical Attack dan jika Miya sudah membuat item ini di Early Game maka bisa dipastikan musuh yang satu lane dengan Miya akan ketar ketir. Selain itu, item ini memiliki pasif unik yang dimana jika hero lawan HPnya dibawah 50% maka hero kalian (Miya) akan mendapatkan tambahan Physical Attack sebesar 25% tapi ada waktunya loh, yaitu cuma 2 detik saja. Namun mayan lah biar musuh kena mental.



Rapid Boots


Mengapa sepatu ini berada di keseimbangan Build bagi Miya? Alasannya adalah pasif unik dari Sepatu ini. Miya merupakan hero Marksman yang gampang sekali digangbang apabila skill ultimate-nya sudah habis. Dengan menggunakan sepatu ini Miya dapat kabur dari kejaran musuh. Namun untuk mengaktifkan pasif dari sepatu ini adalah harus meninggalkan pertandingan dan tidak terkena damage musuh ataupun memberikan damage ke musuh. Pasif dari sepatu ini adalah Movement Speed yang sangat kencang dan berbeda dari sepatu lainnya.

Demon Hunter Sword


Item seimbang yang sangat bagus bagi Miya, item ini dapat memberikan attack speed yang lumayan banyak serta Lifesteal yang lumayan juga, meskipun lebih bagus Haas's Claws sih kalau urusan Lifesteal, namun mengapa item ini dipilih? Alasannya adalah pasif uniknya yang dapat membuat Tank ketar ketir jika ada MM yang bawa item ini, item ini dapat membunuh Tank secara perlahan saat Miya menyerang hero musuh Tank.

Scarlet Phantom


Sudah admin jelaskan dibagian Rekomendasi Build mengenai item ini, jadi admin tidak perlu menjelaskannya lagi. Item ini cocok digunakan untuk Keseimbangan Build ya karena Critica Chance nya.

Berserker's Fury


Sama halnya seperti Scarlet Phantom, admin tidak perlu menjelaskan lagi mengenai item ini, pokoknya item ini menambah Critical Chance yang dapat memicu Critica Attack, namun item ini lebih besar aja daripada Scarlet Phantom atau Windtalker.

Rose Gold Meteor


Gak bisa dipungkiri bahwa item ini sangat bagus bagi Miya, musuh kalian ada hero Mage yang pedes-pedes damagenya? Tidak perlu membuat item Athena Shield, Radiant Armor dan item anti mage lainnya. Buatlah item ini, niscaya musuh hero mage akan ketar ketir. Item ini dapat memberikan 30 Magical Defense dan sedikit Physical Lifesteal yaitu 5% saja. Pasif unik dari item ini juga sangat diperlukan karena jika HP Miya dibawah 30% maka akan ada shield tambahan yang dapat menyerap damage hingga 510-1350 (Meningkat seiring Level). Artinya apa? Artinya item ini berguna banget cok buat war kalau Assassin/Mage yang mau culik Miya tidak akan bisa langsung instant kill.

Blade of Despair


Item ini? ya intinya mahal + nambah damage besar kek punya admin, upss maksudnya nambah damage besar. 





Lolita


Rekan 1 tim yang paling mujarab ya lolita ini, tank rasa support yang bisa memsupport miya dengan shieldnya dan juga dapat menglock lawan. Jadi kamu tinggal serang, serang dan serang dapet dah.

Tigreal


Jangan meremehkan hero tank 1 ini, miya juga sangat cocok bersama tigreal mengapa? karena ultimate tigreal dapat menyatukan musuhnya jadi 1 dan tinggal combo dengan skill 1 nya miya.

Angela


Pastikan 1 tim denganmu ini dedek angela, karena angela ini dapat full mensupport kalian dengan ultimatenya. Jadi jika kalian di gank musuh maka peran angela adalah menyelamatkan kalian dengan cara merasuki tubuh kalian (Ih serem ya haha). Selain itu angela dapat juga heal kalian dengan skill 1 nya. User Friendly banget ya angela.

Estes


Tim kalian ada hero ini? Ya gausah balik ke Base, war terus ampe mampus. Hero ini dapat memberikan Heal pada Miya yang dimana skill heal dari hero ini gak ngotak, banyak amat Healnya cok.




Saber



Waspadalah terhadap hero ini, kamu tau? Miya itu sangat rapuh bahkan dengan 1 kali ultimate dari hero ini kalian juga akan mampus tinggal nama, ingatlah dan waspadalah jika musuh kalian mempick hero ini. Sakit cuy ultinya apalagi dia udah pake item blade of despair walah2 tambah mampus.

Kaja



Hati-hati dengan hero dajjal ini, hero ini memiliki skill ultimate Absolute CC yang gk akan lepas meskipun Miya menggunakan spell Purify, sekali ditarik dengan ultimate-nya dan dikombo dengan skill-skill lainnya. Bisa dipastikan Miya akan tewas seketika.

Mage Instant Kill











Inilah mage-mage dajjal yang memiliki skill instant kill jika skill mereka dikombokan, Miya ketemu mage kek gini jika di skill langsung modar gk bersisa. Namun counter dari mage dajjal ini cukup buat Athena Shield dan Rose Gold Meteor saja, namun tetap saja kalau Miya di kill terus menerus saat early game, gak jadi-jadi tuh item eh malah dah end.

Hero Sillent




Hero silent itu menyebalkan, mengapa? Karena dengan silent mereka kalian tidak dapat menggunakan skill bahkan mau kabur pun susah. Apalagi si helcurt udah ultimate dan BOOM!! di depanmu dan kalian akan mati seketika, selain itu natalia juga menjengkelkan. Bayangin aja lagi farming lalu kena bakekok dari belakang.

All Assasin Burst Damage








Semua assasin mempunyai tujuan 1, bunuh hero paling lemah dan hero lemah ya kalian yang pakai miya. Fanny by one? jangan berharap jika dia udara. Lancelot? Mati duluan kalian klo kalah level. Karina? Ngimpi dah klo by one ama dia. Gusion? Bisa di counter namun juga mematikan. Hayabusa? oh shit apalagi Hayabusa sangat susah.

Fighter CC




Hati-Hati jika bertemu salah 1 dari 3 hero ini, mereka memiliki skill cc yang lumayan banyak, CC itu Crowd Control atau biasa di sebut skill stun. Martis memiliki 2 CC yaitu di skill 1 dan 2, udah mokad Miya tuh. Jawhead combo skill 2 dan skill 3 auto mampus. Chou combo dekat turret pake skill 3 auto death. 




PENUTUP

Miya itu hero lama yang mudah untuk dikendalikan, namun juga susah untuk diselamatkan dari kejaran para assasin (Jika sendirian). Hero Miya sampai sekarang masih di pakai di top global maupun top lokal masih memakai hero Miya (untuk mode Classic hehe). Ranked juga ada biasanya yg pakai Miya.

Pokoknya miya itu hero gratis, bagus namun skill tidak selamanya jelek. Miya jadi auto rata apalagi ada support dan tanknya, auto mampus yang musuh miya.!!.

Terbaru!! Miya telah direvamp pada project Next Mobile Legends : Bang-Bang terbaru, dipostingan ini admin memperbarui tentang skill-skill Miya, Histori, Kata-Kata, Item, dan Rekan serta Musuh Miya. Jika dirasa postingan Guide hero Miya ini bermanfaat silahkan share saja dan bagian kepada teman-teman kalian yang noob main Miya.
Categories:
Similar Movies

0 Comments: